Horeeee… Wajah (Jelekku) Menarik Hati!

 

Diriku pernah membaca sebuah artikel sederhana yang membuat girang alang kepalang. Kenapa? Karena artikel itu “menyanjungku" dengan sepenuh hati. Dwi si penulis artikel di Merdeka.online mengatakan banyak orang berlomba tampil cantik atau ganteng agar wajahnya menarik perhatian. Segala cara bisa ditempuhnya. Mulai dari perawatan sederhana, sampai mengeluarkan berjuta-juta rupiah untuk menempelkan krim (beracun) di wajahnya, suntik botox, tarik kulit agar kencang sampai operasi kantung mata agar kerlingan kembali cerah ceria. Namun hasil dari penelitian ternyata ada juga kelebihan yang dimiliki oleh orang berwajah jelek seperti diriku (itulah sanjungan terindah untukku). Pantesa ajaaa, saat reuni di segala angkatan (dari angkatan Taman Kanak sampai Kuliah) banyak sekali yang tidak melupakan diriku. Mereka pasti masih mengingat dengan jelas siapa diriku ini (bukan sok terkenal lhoo).

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Jena, Jerman, mengungkapkan bahwa secara psikologis, manusia akan lebih mudah mengingat seseorang yang berwajah jelek daripada yang berwajah bagus.

Seperti dikutip dari Daily Mail (05/02), para peneliti menggunakan media beberapa foto sebagai obyeknya dan menunjukkannya ke sukarelawan secara cepat kemudian menganalisis wajah apa yang lebih mudah dikenali dan diingat.

“Selama ini, kita berasumsi bahwa lebih mudah mengingat seseorang dengan wajah yang atraktif atau bagus (cantik atau tampan), namun ternyata hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan kebalikannya.” jelas Dr Holger Wiese, salah seorang peneliti.

Para peneliti juga menjelaskan bahwa pengingat akan suatu wajah cantik atau tampan itu karena terditorsi oleh pengaruh emosional. Selain menggunakan media flash-card, para peneliti juga menganalisis aktivitas di dalam otak yang direkam dengan menggunakan Electroencephalography (EEG).

         Jadi, marilah kita berbangga hati, karena ternyata kita (rombongan orang jelek berdahi dan bergigi mancung macam diriku ini hihihi) lebih mudah diingat dari pada orang yang wajah cantik seperti Maudy Kusnaedy. Desy Ratnasari, Natasya Wilona, Syahrini dan lainnya. Ahahahay. 

        Salam damai dan salam bahagia.

Komentar

  1. Kok aku mengingatmu sebagai kakak kelas yang lucuuuk mesti ngekek angger bersamamu, bahagia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi..syukurlah dianggep lucu, takutnya disebelin buanyak orang. Hiks

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kulihat Pelangi Bersamamu

(Puisi) Tarian koruptor

Paling Jauh dan Paling Dekat Dengan Manusia?